Apakah nodul pita suara Berbahaya?

Apakah nodul pita suara Berbahaya?

Hati-hati terserang nodul dan polip pita suara. Kedua masalah kesehatan tersebut bisa membuat suara menjadi serak, bahkan sulit untuk berbicara.

Apa itu nodul dan polip?

Pengertian nodul dan polip pita suara Nodul dan polip pita suara (vocal cord nodule) adalah pertumbuhan jaringan tak wajar di kedua pita suara akibat menggunakan suara secara berlebihan. Lama-lama, hal ini bisa menyebabkan munculnya nodul yang lunak dan membengkak pada kedua pita suara.

Apa itu operasi nodul vokal?

Operasi pita suara adalah prosedur pengobatan kelainan pita suara atau lipatan vokal, seperti pertumbuhan nodul, polip, dan kista. Semua kondisi tersebut umumnya menyerang para penyanyi dan orang-orang dengan pekerjaan yang membutuhkan suara tinggi, berteriak, atau berbicara dalam waktu yang lama.

Pita suara rusak apakah bisa sembuh?

Berbeda dari pengobatan sakit tenggorokan kebanyakan, kelumpuhan pita suara tidak bisa sembuh hanya dengan mengonsumsi obat. Diperlukan terapi suara hingga operasi pita suara, untuk bisa mengembalikan kondisi menjadi seperti semula.

Apa itu nodul pada tenggorokan?

Nodul pita suara merupakan pertumbuhan jaringan karena penggunaan pita suara secara berlebihan dan berulang. Kondisi ini umumnya dialami oleh seorang penyanyi profesional, sehingga sering dikenal dengan sebutan singer’s nodules.

Apa yang terjadi jika pita suara rusak?

Kelainan pada pita suara ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti olahraga, terlalu banyak mengeluarkan suara, batuk kronis, benjolan atau tumor pada pita suara, penyakit asam lambung/GERD, gangguan saraf pita suara, alergi, stres, asap rokok, asap atau bau yang kuat, atau infeksi saluran pernapasan atas.

Kenapa pita suara membesar?

Ketika seseorang menggunakan suara dengan tidak benar, pita suara bisa membengkak. Salah satu penyebab utamanya adalah penggunaan suara secara berlebihan. Bagian bengkak tersebut dapat mengeras, kemudian membentuk nodul.

Kenapa habis operasi amandel suara berubah?

Jika Anda merasa suara Anda berubah paska operasi amandel mungkin kondisi ini disebabkan karena perbedaan pada kondisi tenggorokan Anda sebelum dan sesudah operasi. Paska operasi tidak ada lagi amandel yang cukup besar yang bisa membuat suara terdengar lebih berat.

Apakah Operasi Amandel membuat suara berubah?

Selama operasi tentu terjadi beberapa modifikasi pada tenggorok dan struktur anatomis saluran nafas lainnya. Hal ini memang sangat mungkin menyebabkan perubahan suara pada pasien. Oleh karena itu setiap sebelum operasi biasanya dokter akan menyampaikan beberapa hal yang akan terjadi paska operasi.

Apakah suara serak berkepanjangan disebut kanker pita suara?

Suara serak bukan penyakit, melainkan gejala yang menunjukkan ada gangguan di sekitar pita suara. Gangguan ini dapat terjadi karena infeksi akut akibat batuk pilek atau radang tenggorokan atau masalah yang lebih serius seperti laringitis, nodul, atau polip pita suara.

Apa Penyebab pita suara hilang?

Penyebab suara parau atau serak bermacam-macam. Namun, yang paling umum adalah laringitis (radang pita suara) akut akibat infeksi saluran napas atas, yang biasanya biang keroknya adalah virus. Selain itu, serak atau suara hilang juga bisa terjadi akibat penggunaan pita suara secara berlebihan.

Pita suara berada di mana?

Pita suara merupakan jaringan elastis di kotak suara (laring) yang terletak di pangkal tenggorokan.

About the Author

You may also like these