Bagaimana terjadinya kehamilan kembar non identik?

Bagaimana terjadinya kehamilan kembar non identik?

Kembar tidak identik terjadi saat dua sel telur dibuahi oleh dua sel sperma. Pasangan kembar fraternal tidak memiliki gen yang sama, sehingga terlahir dengan jenis kelamin yang berbeda (perempuan dan laki-laki) serta wajah yang berbeda pula.

Kenapa anak kembar bisa berbeda?

Kembar beda kelamin sangat mungkin terjadi pada kembar fraternal karena pembuahan berasal dari sel telur dan sperma yang berbeda. Dapat dikatakan bahwa kembar tidak identik bisa sama-sama perempuan, sama-sama laki-laki, maupun laki-laki dan perempuan. Jenis kelamin ini dipengaruhi dari kromosom yang dibawa oleh sperma.

Apa ciri ciri hamil anak kembar?

Tanda Hamil Anak Kembar

  • Memiliki ukuran perut yang lebih besar.
  • Mengalami mual dan muntah (morning sickness) yang lebih parah.
  • Mengalami kenaikan berat badan yang lebih banyak.
  • Merasa lebih lelah.
  • Merasakan sakit punggung yang muncul lebih awal dan rasanya lebih menyakitkan.

Mengapa tidak ada orang sama persis di dunia ini bahkan kembar identik sekalipun?

Tidak ada dua atau lebih individu di dunia ini yang memiliki susunan gen yang sama. Meskipun kembar identik, saat terjadi proses pembelahan sel pada rahim pasti hasil dari pembelahan satu dengan yang satunya berbeda, khususnya susunan gennya.

Apa yang menyebabkan terjadinya bayi kembar?

Menurut para dokter dan peneliti, manusia bisa kembar karena faktor keturunan. Ini artinya, jika di keluarga kita sudah ada yang kembar, maka kemungkinan besar akan ada yang kembar lagi. Ada dua jenis kembar. Pertama namanya kembar fraternal, yaitu dua telur dibuahi di rahim pada waktu bersamaan.

Apakah itu kembar fraternal?

Telur yang telah dibuahi ini disebut juga dengan zigot. Terkadang ovarium wanita melepaskan dua sel telur, dan dua sperma terpisah membuahi setiap sel telur tersebut. Hal inilah yang membentuk bayi kembar. Kembar ini disebut kembar fraternal, kembar dizigotik (artinya dua zigot) atau kembar tidak identik.

Kalau tidak mempunyai keturunan kembar apakah bisa mempunyai anak kembar?

Meski begitu peluang punya anak kembar tetap ada meski tak ada keturunan kembar. Secara umum, kehamilan kembar terjadi pada satu dari 250 kehamilan dan tidak terpengaruh oleh faktor keturunan. Sewaktu mengalami ovulasi, bisa terjadi lebih dari satu sel telur matang yang terlepas dari indungnya di saat bersamaan.

About the Author

You may also like these