Bolehkah memencet jerawat yang sudah matang?

Bolehkah memencet jerawat yang sudah matang?

Perlu diingat sekali lagi, cara aman memencet jerawat ini hanya boleh dilakukan pada jenis jerawat yang sudah ‘matang’ atau jerawat dengan nanah di bagian tengahnya. Risiko penyebaran bakteri juga ada, jadi perhatikan kebersihan kulit, jari-jari tangan, serta alat-alat yang Anda gunakan.

Apa yang harus dilakukan dengan jerawat yang sudah matang?

Lapisi tangan Anda dengan tisu bersih atau gunakan cotton bud, lalu tekan kedua sisi jerawat secara perlahan. Jika jerawat sudah ‘matang’, nanah akan dengan mudah keluar. Jika belum, segera hentikan proses ini. Setelah selesai, bersihkan jerawat dengan sabun pencuci wajah dan oleskan sedikit toner.

Apakah nanah pada jerawat harus dikeluarkan?

Satu hal yang perlu Anda ingat saat memiliki jerawat bernanah adalah hindari memencet jerawat. Alih-alih membuat nanah menghilang, tindakan ini justru membuat nanah masuk lebih dalam ke pori-pori kulit di sekitarnya, sehingga membuat jerawat semakin meradang, membesar, hingga menimbulkan bekas jerawat.

Apa yang terjadi jika memencet jerawat?

Padahal memencet jerawat bisa membuatnya menjadi bengkak dan nyeri, dan risiko infeksi pun meningkat. Selain itu, memencet jerawat juga memungkinkan timbul jaringan parut atau timbul bekas jerawat yang menghitam dan akhirnya justru semakin merusak penampulan.

Apakah jerawat nanah harus dipencet?

Pada dasarnya, cara memencet jerawat bukan sesuatu yang direkomendasikan. Pasalnya, cara memecahkan jerawat dengan sengaja dapat menyebabkan peradangan sehingga bisa menyebar dan membuat kondisi jerawat makin parah. Perlu diingat juga bahwa bahaya memencet jerawat bisa menimbulkan luka kecil di atas jerawat.

Kenapa jerawat di hidung tidak boleh di pencet?

Jangan Sentuh dan Pencet Jerawat Usahakan jangan memencet jerawat di hidung bagian dalam, karena cara ini hanya akan membuat pori-pori kulit semakin rentan terhadap infeksi bakteri.

Isi jerawat itu apa sih?

Ada lima jenis jerawat, tiga di antaranya berisi nanahm yaitu pustules, nodules dan cyst. Sementara dua lainnya, whiteheads dan blackheads tidak mengandung nanah.

Putih putih di jerawat itu apa?

Komedo putih atau disebut whitehead adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori. Folikel-folikel rambut juga ikut terperangkap, sehingga disebut juga dengan komedo tertutup.

Apa akibat jika memencet jerawat?

Memencet jerawat bisa mengganggu pelindung kulit (skin barrier) dan menimbulkan luka. Kondisi itu memungkinkan lebih banyak bakteri masuk, yang dapat menyebabkan infeksi. Skenario terbaiknya adalah biarkan jerawat mengering dan sembuh tanpa meninggalkan bekas.

Apa obat jerawat bernanah?

Apa saja pilihan pengobatan untuk pustula?

  • Benzoil peroksida untuk membunuh dan menghambat bakteri penyebab jerawat.
  • Asam salisilat untuk mengangkat penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori.
  • Retinoid untuk membersihkan pori-pori dan mencegah produksi minyak berlebih.
  • Keratolitik untuk mengelupas permukaan kulit.

About the Author

You may also like these