Apa yang dimaksud dengan mentimun?

Apa yang dimaksud dengan mentimun?

Mentimun (Cucumis sativus L.) merupakan tanaman semusim yang bersifat menjalar atau merambat dengan perantaraan alat pemegang yang berbentuk spiral. Tanaman mentimun berasal dari bagian utara India, yakni lereng Gunung Himalaya, yang kemudian berkembang ke wilayah Mediteran.

Apakah mentimun dan timun sama?

L. Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Apa nama latin mentimun?

Cucumis sativus
Cucumber/Scientific names
Timun yang dalam bahasa ilmiah disebut sebagai Cucumis sativus yang termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae) memiliki ciri-ciri umum seperti yang dimiliki oleh tanaman anggota keluarga labu-labuan lainnya seperti melon (Cucumis melo).

Bagaimana bentuk daun timun?

Bentuk daun bulat lebar, bersegi mirip jantung, dan bagian ujung daunnya meruncing, tepi bergerigi. Panjang 7-18 cm dan lebar 7-15 cm. Daun ini tumbuh berselang-seling keluar dari buku-buku (ruas) batang. Buah mentimun letaknya menggantung dari ketiak antara daun dan batang.

Apakah mentimun itu buah atau sayur?

Dari segi botanis, mentimun memiliki biji dan dihasilkan dari bunga, maka termasuk buah. Sementara dari segi kuliner, mentimun dikelompokkan sebagai sayuran.

Ketimun obat apa?

Mentimun sebagian besar terdiri dari air dan mengandung elektrolit penting. Mentimun dapat membantu mencegah dehidrasi saat cuaca panas atau setelah olahraga. Termasuk makanan yang paling menghidrasi, mentimun bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, mencegah sembeli, menghindari batu ginjal, dan sebagainya.

Apa perbedaan timun jepang dan timun biasa?

Timun Jepang memiliki rasa tawar, namun hadir dengan tekstur yang lebih padat dan berair dibandingkan dengan timun lokal. Selain itu, timun Jepang memiliki daging yang transparan dan cenderung agak berbiji. Biasanya timun Jepang disajikan mentah atau matang.

Apa perbedaan zucchini dan timun?

Zukini sering dikira sebagai mentimun jika dilihat sekilas. Namun, jika disentuh tekstur zukini terasa lebih lembut dibanding timun dan terasa lebih hangat. Jika dibelah hingga terbuka zucchini lebih berwarna putih krem dan terlihat biji di dalam zucchini berukuran kecil. Biji zukini menyatu dengan daging buah.

Pohon mentimun mengandung apa saja?

Kandungan Gizi Buah Timun

  • Kandungan air yang baik untuk kulit.
  • Asam folat.
  • Antioksidan.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin C.
  • Vitamin K.
  • Biotin.

Bagaimana timun berkembang biak?

Mentimun berkembang biak dengan bijinya.

Apa ciri ciri tanaman timun?

Daun tunggal, letak berseling, bertangkai panjang, bentuknya bulat telur lebar, bertaju 3-7, dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing, tepi bergerigi. Panjang 7-18 cm, lebar 7-15 cm, warnanya hijauBunganya ada yang jantan berwarna putih kekuningan, dan bunga betina yang bentuknya seperti terompet.

Apa ciri ciri mentimun?

Mentimun biasa ditandai dengan penampilan kulit buah yang tipis, lunak, dan pada saat buah muda berwarna hijau keputih-putihan, tetapi setelah tua menjadi berwarna coklat. Mentimun watang memiliki ciri-ciri: kulit buah tebal, agak keras, buah muda berwarna hijau keputih-putihan dan setelah tua berwarna kuning tua.

Apa yang perlu dilakukan pada tanaman mentimun?

Ini merupakan perawatan yang sangat penting pada tanaman mentimun, apalagi varietas sulur dimana ini memerlukan penyangga vertikal seperti terali. Gunakan terali tersebut sesudah melakukan penanaman pada mentimun. Perawatan yang berikutnya anda harus melakukan peningkatan pada mulsa ketika tanaman mentimun mulai bertumbuh.

Bagaimana cara pembibitan mentimun dan mentimun gherkin?

Biji mentimun Jepang dan mentimun Gherkin masih diimpor dari negara asal. Sebelum bibit ditanam, media persemaian harus disiapkan terlebih dahulu. Media pembibitan berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 7: 3. Sebagai media persemaian dapat digunakan polybag atau kantong plastik transparan.

Mengapa pembibitan mentimun dilakukan pada ruangan?

Jika ingin menggunakan biji, anda juga harus memilih biji yang berkualitas untuk ditanam. Pembibitan mentimun bisa dilakukan pada ruangan dengan menggunakan pot yang kecil atau polibag. Selain itu pembibitan mentimun wajib dilakukan setiap 4 minggu sebelum melakukan penanaman.

Apakah Anda harus melakukan perawatan pada tanaman mentimun?

Tentu saja perawatan pada tanaman maupun tumbuhan sangat dibutuhkan. Karena melalui perawatan yang baik pada tanaman terutama mentimun, akan membuat proses pertumbuhannya akan menghasilkan hal yang baik. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh anda untuk melakukan perawatan pada tanaman mentimun. Berikut dibawah inilah cara-caranya.

About the Author

You may also like these