Siapakah Si Pahit lidah itu?

Siapakah Si Pahit lidah itu?

Si Pahit Lidah adalah julukan untuk Serunting, seorang pangeran yang berasal dari Sumatra Selatan. Ia terkenal punya kesaktian yang tinggi, namun ternyata kesaktiannya bisa dikalahkan oleh adik iparnya, Aria Tebing.

Kenapa si Pahit lidah Meninggal Dunia?

Dalam kisah ini hanya menceritakan tentang adu kesaktian antara Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat. Si Pahit Lidah meninggal akibat tipu muslihat Si Mata Empat.

Cerita Si Pahit lidah menceritakan tentang apa?

Cerita rakyat “Si Pahit Lidah dan Si Empat Mata” adalah KISAH YANG MENCERITAKAN PERSAINGAN ANTARA DUA PENDEKAR SAKTI, SI PAHIT LIDAH DAN EMPAT MATA, YANG SALING BERSAING SATU SAMA LAIN UNTUK MEMBUKTIKAN PIHAK YANG PALING SAKTI DI ANTARA KEDUANYA, SAMPAI AKHIRNYA KEDUANYA MATI KARENA PERSAINGAN TERSEBUT.

Dimanakah makam Si Pahit lidah?

Makam keduanya terletak di kebun warga Sukabanjar bernama Maimunah. Si Pahit Lidah atau Serunting Sakti dan Si Mata Empat adalah dua pendekar yang menjadi legenda terkenal bagi masyarakat di kawasan Ogan Komering Ulu Selatan.

Apa yang menyebabkan si mata empat meninggal?

Memang benar ternyata terasa sangat pahit,” ujarnya kembali dalam hati. Akan tetapi, ia tidak mengetahui bahwa rasa pahit itu adalah racun yang berada di lidah si Pahit Lidah. Akibatnya ternyata si Empat Mata pun tewas karena telah mengecap lidah si Pahit Lidah yang beracun itu.

Kenapa si Mata Empat Meninggal Dunia?

Karena serakah Si Mata Empat menjilat lidah Si Pahit Lidah dengan tujuan untuk mengambil kesaktiannya. Namun ternyata Si Mata Empat langsung keracunan dan mati oleh racun dari lidah Si Pahit Lidah.

Bagaimana Arya Tebing mengalahkan Serunting?

Menurut kakaknya Aria Tebing, kesaktian dari Serunting berada pada tumbuhan ilalang yang bergetar (meskipun tidak ditiup angin). Bermodalkan informasi itu, Aria Tebing kembali menantang Serunting untuk berkelahi. Dengan sengaja ia menancapkan tombaknya pada ilalang yang bergetar itu.

Apakah pesan dari legenda Si Pahit lidah?

Walaupun kata-kata yang keluar dari mulutnya telah berbuah manis, Serunting tetap dijuluki sebagai Si Pahit Lidah. Pesan moral dari dongeng cerita anak si pahit lidah adalah setiap orang yang dikaruniai Tuhan dengan kelebihan dan keistimewaan hendaknya dipergunakan di jalan yang baik, sehingga bisa menolong orang lain.

Di daerah manakah Danau Ranau?

Danau ini terletak diperbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung, tepatnya diperbatasan antara Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Lampung Barat.

Danau Ranau ada di mana?

Danau Ranau
Lokasi Kabupaten Lampung Barat; Lampung; Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan; Sumatra Selatan; Indonesia.
Koordinat 4°51′45″S 103°55′50″EKoordinat: 4°51′45″S 103°55′50″E
Jenis tubuh air Danau tektonik / danau vulkanik
Aliran masuk utama Sungai Warkuk

Apa julukan Pendekar Mata Empat?

Kedua pendekar itu memiliki julukan si Pahit Lidah dan si Mata Empat. Suatu hari, si Pahit Lidah datang menemui si Mata Empat. Ia berkata, “Hai Mata Empat, kudengar kau sangat sakti. Siapa yang bisa menghindar dari bunga aren tersebut, dialah yang menang,” jelas si Pahit Lidah menantang.

Apakah julukan lain Serunting Sakti?

Serunting Sakti sendiri merupakan tokoh masa lalu yang memiliki kesaktian. Ia juga disebut sebagai Si Pahit Lidah. Dijuluki Si Pahit Lidah menurut kepercayaan masyarakat setempat lantaran setiap sumpah yang diucapkannya akan jadi kenyataan.

About the Author

You may also like these