Apa itu SKK dan TKK?

Apa itu SKK dan TKK?

Syarat Kecakapan Khusus (SKK) adalah syarat kecakapan pada bidang teknologi yang diiniliki oleh peserta didik yang berminat dalam pengembangan minat dan bakatnya, untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) setelah melalui ujian-ujian.

Apa kepanjangan dari SKU TKU SKK dan TKK?

Syarat Kecakapan Umum (SKU) adalah syarat kecakapan minimal yang wajib dimiliki oleh peserta didik untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU) setelah melewati ujian-ujian.

SKK Madya berbentuk apa?

Madya : Berbentuk persegi dengan bingkai berwarna merah. Utama : Berbentuk segilima dengan bingkai berwarna merah.

Apa yang dimaksud TKK dalam Pramuka?

Dalam kepramukaan, Tanda Kecakapan Khusus (TKK) adalah tanda yang diberikan kepada peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan seorang peserta didik dalam suatu bidang tertentu. TKK bersifat opsional bagi peserta didik, sehingga seorang peserta didik dapat memiliki TKK yang berbeda dari peserta didik lain.

Apa arti TKK Berkemah?

Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Berkemah harus dipenuhi oleh seorang peserta didik untuk mendapatkan TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Berkemah yaitu tanda yang menunjukkan kecakapan dan keterampilan seorang anggota pramuka dalah hal berkemah.

Bagaimana cara mendapatkan tanda kecakapan khusus TKK?

Untuk memperoleh tanda kecakapan khusus TKK Seorang anggota pramuka harus mampu menyelesaikan syarat kecakapan khusus TKK terlebih dahulu setiap percakapan memiliki syarat yang berbeda lambang TKK juga berbeda sesuai jenisnya dalam pramuka terdapat 10 kecakapan khusus yang wajib antara lain pertolongan pertama pada …

Apa yang dimaksud dengan TKK dan TKU?

TKU (Tanda Kecakapan Umum) adalah bagian dari sistem tanda kecakapan dalam Gerakan Pramuka di samping TKK (Tanda Kecakapan Khusus). Tanda Kecakapan Umum diberikan setelah seorang anggota Gerakan Pramuka menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dalam tingkatannya masing-masing.

Apa perbedaan SKK dan SKU?

Syarat tanda kecakapan umum (SKU) meliputi berbagai bidang dan semua Pramuka pada waktunya harus mencapainya. Sedangkan SKK (syarat tanda kecakapan khusus) meliputi hanya satu bidang saja.

Bagaimana bentuk TKK Madya pada pramuka?

Madya, berbentuk persegi dengan bingkai berwarna merah. Utama, berbentuk segilima sama sisi dengan bingkai berwarna merah.

Bagaimana bentuk TKK Madya pada Pramuka Penegak?

Madya : Berbentuk persegi dengan bingkai berwarna merah. Utama : Berbentuk segilima dengan bingkai berwarna merah. Untuk Pramuka Penegak dan Pandega. SKK dan TKK untuk pramuka penegak dan pandega sama.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan TKU?

Dilansir dari Kwartir Ranting Ngraho, Tanda Kecakapan Umum (TKU) adalah tanda kehormatan untuk penggalang Pramuka yang sudah dinyatakan lulus SKU. SKU dalam Pramuka digunakan untuk membentuk kecakapan, kepandaian, keterampilan, ketangkasan, sikap, serta kemampuan seorang Pramuka sesuai dengan tingkatannya.

Tanda Kecakapan Khusus Dalam Pramuka ada berapa?

Tanda kecakapan khusus merupakan salah satu tanda pengenal pramuka yang diperoleh setelah menyelesaikan berbagai bidang. Tanda kecakapan khusus wajib sepuluh buah.

Siapa Pramuka yang dipilih oleh SKU?

SKK adalah syarat kecakapan khusus berupa kecakapan, kepandaian, kemahiran, ketangkasan, keterampilan, dan kemampuan dibidang tertentu, yang lain dari kemampuan umum yang ditentukan dalam SKU. SKK dipilih seorang Pramuka sesuai dengan bakat dan minatnya.

Siapa Pramuka yang mampu menyelesaikan SKK?

Untuk memperoleh TKK seorang pramuka harus mampu menyelesaikan SKK (Syarat Kecakapan Khusus) terlebih dahulu. SKK berlaku bagi anggota Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.

Apakah Pramuka tidak terlalu lama berada dalam SKU?

Pembina Pramuka harus membantu memberi motivasi, mendorong, agar Pramuka tidak terlalu lama berada dalam tingkat yang diperolehnya masing-masing mereka harus segera menyelesaikan SKU berikutnya.

Apakah tanda kecakapan umum meliputi semua pramuka?

Sistem tanda kecakapan ini terdiri atas dua golongan yaitu tanda kecakapan umum dan tanda kecakapan khusus. Syarat tanda kecakapan umum (SKU) meliputi berbagai bidang dan semua Pramuka pada waktunya harus mencapainya. Sedangkan SKK (syarat tanda kecakapan khusus) meliputi hanya satu bidang saja. Pengertian lebih mendalam akan diulas di bawah.

About the Author

You may also like these