Apa syarat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan?

Apa syarat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan?

Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan bagi Perusahaan

  • Dokumen asli atau fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Dokumen asli atau fotokopi NPWP Perusahaan.
  • Dokumen asli atau fotokopi Kartu Tanda Penduduk.
  • Kartu keluarga asli/ fotokopi.
  • Kartu Keluarga asli/ fotokopi.

BPJS perusahaan biasanya kelas berapa?

Menurut peraturan Peraturan Presiden 19 Tahun 2016, terdapat dua pilihan kelas layanan buat pendaftaran BPJS melalui perusahaan, yaitu: Kelas 1 buat pekerja dengan gaji dan tunjangan tetap di atas Rp 4 juta sampai Rp8 juta. Kelas 2 buat pekerja dengan gaji dan tunjangan tetap sampai Rp 4 juta per bulan.

Berapa lama proses pembuatan BPJS Kesehatan Perusahaan?

Jika menggunakan prosedur yang normal, peserta membutuhkan paling cepat 14 hari baru bisa mendapatkan kartu peserta BPJS.

Berapa gaji untuk BPJS Kesehatan kelas 1?

Peserta Mandiri Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP): Kelas I: Rp 150.000. Kelas II: Rp 100.000. Kelas III: Rp 35.000.

Berapa biaya BPJS Kesehatan Perusahaan?

Iuran BPJS Kesehatan karyawan adalah 5% dari upah Sesuai Peraturan Presiden No 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, setiap peserta PPU membayar iuran BPJS Kesehatan 5% dari upah per bulan, dengan rincian 4% ditanggung pemberi kerja (perusahaan) dan 1% dibayar oleh peserta/karyawan bersangkutan.

Berapa lama BPJS baru bisa digunakan?

BPJS Kesehatan ini nggak bisa langsung digunakan bagi kamu yang baru saja mendaftar. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan nomor virtual account. Kamu perlu menunggu 14 hari jika ingin menyetor iuran untuk pertama kali.

Apakah BPJS yang baru jadi bisa langsung digunakan?

Untuk itu, BPJS menerbitkan peraturan baru terkait dengan pengecualian aturan tujuh hari. Waktu tunggu tersebut tidak berlaku untuk penerima bantuan iuran (PBI) dan peserta BPJS Mandiri kelas III. Mereka bisa langsung menggunakan kartu pada hari pendaftaran.

Berapa biaya BPJS kelas 1 2021?

Kelas I: Rp 150.000. Kelas II: Rp 100.000. Kelas III: Rp 35.000.

Siapa yang memulai pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan?

Setelah melengakapi semua persyaratan, perwakilan perusahaan atau staf HR dapat memulai langkah pendaftaran di situs online resmi BPJS Ketenagakerjaan: www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Ikuti semua instruksi dan bawa dokumen syarat pendaftaran ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Siapa yang mendaftarkan karyawan sebagai anggota BPJS?

Dengan mendaftarkan karyawan sebagai anggota BPJS, maka pemilik usaha telah memberikan hak karyawan mengenai jaminan kesehatan.

Apakah daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk perusahaan?

Persyaratan daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk perusahaan dan Mandiri sebenarnya sangatlah mudah namun sebelum saya uraikan lebih detail, alangkah baiknya saya jelaskan sedikit mengenai apa itu BPJS Ketenagakerjaan?.

Bagaimana untuk mendaftarkan tenaga kerja ke dalam program BPJS?

Sebagai salah satu program wajib, Pemerintah mengimbau pada setiap perusahaan untuk mendaftarkan pekerjanya ke dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, yang biasa dikenal dengan nama BPJS Ketenagakerjaan. Ini dilakukan agar setiap tenaga kerja mendapatkan jaminan-jaminan sosial yang dibutuhkan.

About the Author

You may also like these