Apa yang dimaksud dengan mineralogi dan kristalografi?

Apa yang dimaksud dengan mineralogi dan kristalografi?

Kristalografi merupakan cabang dari mineralogi yang terfokus pada sistem kristal. Sedangkan kristal sendiri adalah suatu padatan yang secara esensial memiliki suatu pola difraksi tertentu. Secara sederhana kristal merupakan zat padat yang terdiri atas susunan atam dan molekul yang teratur.

Mengapa seorang ahli tambang perlu mempelajari kristalografi dan mineralogi?

1. Dengan mempelajari kristalografi, kita dapat mengetahui berbagai macam bahan-bahan dasar pembentuk bumi ini, dari yang ada disekitar kita hingga jauh didasar bumi. 2.Untuk dapat mengetahui jenis-jenis mineral berharga yang ekonomis untuk ditambang dari bentuk-bentuk kristalnya.

Apa contoh mineral yang terbentuk dari sistem kristal isometrik?

Kebanyakan emas terdapat dalam urat-urat kuarsa yang terbentuk melalui proses hidrotermal; dan sering bersama-sama pirit dan mineral-mineral sulfida yang lain, telurid perak-emas, skhelit dan turmalin.

Apa yang kalian ketahui tentang mineralogi?

Mineralogi atau ilmu pengetahuan pelikan merupakan ilmu bumi yang berfokus pada sifat kimia, struktur kristal, dan fisika (termasuk optik) dari mineral. Studi ini juga mencakup proses awal pembentukan dan juga perubahan mineral.

Apa yang dimaksud dengan kristalografi?

Kristalografi merupakan sains eksperimental yang bertujuan menentukan susunan atom dalam zat padat.

Mengapa kristalografi penting dipelajari?

TUJUAN MEMPELAJARI KRISTALOGRAFI Untuk mengidentifikasi mineral, penentuan morfologi, komposisi dan sifat-sifat fisiknya.

Apa pentingnya mempelajari geologi struktur dalam kegiatan pertambangan?

alasannya agar kelak gak ada penipuan dari geologi tentang adanya singkapan bahan galian.dari geologi struktur, kita bisa menganalisa arah STRIKE dari singkapan bahan galian, kemiringan DIP dari bahan galian, penyebarannya,tingkat kestabilan lereng berdasarkan kekar dan sesar selain itu masih banyak lagi pokoknya …

Mengapa sebagai ahli tambang kita wajib mempelajari geologi?

Peran Dan Tugas Ahli Geologi Dalam Pertambangan Data geologi berperan penting untuk mencari, menghitung cadangan, dan penting dalam aktivitas perencanaan pertambangan. Ketika bahan galian sudah ditemukan dan nilainya ekonomis, nantinya bahan galian tersebut akan dibongkar, dimuat, dan diangkut.

Jelaskan apa yang dimaksud kristalografi dan proses pembentukan kristal?

Kristalografi adalah suatu ilmu pengetahuan kristal yang dikembangkan untuk mempelajari perkembangan dan pertumbuhan kristal, termasuk bentuk, struktur dalam dan sifat-sifat fisiknya. Dahulu, Kristalografi merupakan bagian dari Mineralogi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan mineral?

Mineral adalah zat padat anorganik yang terbentuk di alam secara anorganik, mempunyai komposisi kimia tertentu dan susunan atom yang teratur.

Mineral berasal dari apa?

Mineral berasal dari bumi dan tidak bisa diproduksi oleh makhluk hidup. Tanaman mendapatkan mineral dari tanah. Sebagian besar mineral dalam makanan manusia berasal dari memakan tumbuhan dan hewan atau dari air minum.

Apa itu sumbu kristalografi?

Dalam sebuah kristal, sumbu kristal berupa garis bayangan yang lurus yang menembus kristal melalui pusat kristal. Sumbu kristal tersebut mempunyai satuan panjang yang disebut sebagai parameter. Bila ditinjau dan telaah lebih dalam mengenai pengertian kristal, mengandung pengertian sebagai berikut : 1.

Bagaimana cara mempelajari kristalografi?

Sedangkan Kristal itu sendiri adalah suatu padatan yang atom, molekul, atau ion penyusunnya terkemas secara teratur dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi .Dalam mempelajari kristalografi kita mengenal ada 7 macam sistem ,antara lain : 1.

Apakah kristalografi mempelajari sifat-sifat geometri dari kristal?

Kristalografi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat geometri dari kristal terutama perkembangan, pertumbuhan, kenampakan bentuk luar, struktur dalam (internal) dan sifat-sifat fisis lainnya.

Apakah Kristalografi merupakan ilmu kimia?

Kristalografi dapat diartikan sebagai cabang dari ilmu geologi, kimia, fisika yang mempelajari bentuk luar kristal serta cara penggambarannya. Komposisi kimia suatu mineral merupakan hal yang sangat mendasar, beberapa sifat-sifat mineral / kristal tergantung kepadanya.

About the Author

You may also like these