Bagaimana cara mengetahui ukuran velg mobil?

Bagaimana cara mengetahui ukuran velg mobil?

Untuk mengetahui ukuran velg, bisa dilihat dari kode berupa angka dan huruf yang ada pada bagian pinggir velg mobil. Kode ini saling berurutan dan memiliki makna tersendiri. Kita ambil contoh, sebuah velg mobil dengan kode 7Jx16H2 ET49.

Apa arti kode ET pada velg Mobil?

Offset yang juga biasa disebut dengan istilah ‘ET’, adalah jarak antara bagian penampang tengah velg dari garis tengah velg. Jika angka offset velgnya positif, artinya posisi penampang tengah velg cenderung ke sisi luar velg. Jika nol, maka posisi lubang velg berada tepat pada garis tengah velg.

Dimana letak ukuran velg?

Biasanya kode pada pelek terletak di bagian dalam pelek. Contohnya sebuah pelek tertera kode 9 x 20, 5×112, dan ET +20. Angka 9 pada rangkaian 9 x 20 merupakan lebar pelek dalam satuan inci. Sementara angka 20 merupakan diameter pelek dalam satuan inci.

Bagaimana cara membaca ukuran ban secara baik dan benar?

2. Memahami kode pada ban

  1. Angka 195 yang terletak di depan menandakan lebar tapak ban. Ukuran ini menggunakan satuan milimeter (mm).
  2. Angka 50 menandakan tinggi ban.
  3. Huruf R menunjukkan tipe ban, yaitu Radial.
  4. Angka 16 adalah ukuran diameter velg yang digunakan dalam satuan inci.

Apakah kode ukuran pada velg mobil?

Selain itu kode ukuran pada velg mobil ini ada yang terangkai menjadi satu, namun ada pula yang terpisah. Meskipun begitu, tiap kode ukuran ini selalu terkait pada 2 dimensi yang saling berhubungan, seperti contoh 5 1/2 – JJ x 13 , 4×114.3, ET30.

Bagaimana cara membaca ukuran velg?

Berikut adalah cara membaca ukuran velg dengan kode 5 1/2 menunjukkan lebar velg (inchi) JJ merupakan tanda pinggir yang sesuai standar JIS 13 menunjukkan diameter velg (inchi) H2 menunjukkan model hump yang diadopsi velg tersebut

Bagaimana cara membaca kode velg mobil?

Bagaimana cara membaca kode ukuran velg mobil ? Kode dan ukuran velg mobil umumnya tercetak pada sisi dalam velg yang berhadapan dengan komponen rem , namun terkadang juga ada yang di cetak di sisi luar velg ( biasanya pada velg model besi/steel).

Bagaimana cara mengganti velg?

Bagi para pehobi modifikasi mobil, mengganti velg adalah langkah dasar yang umum dilakukan. Ya, mengganti velg dari standard pabrikan dengan velg modifikasi (model sport /racing), secara langsung dapat merubah tampilan mobil menjadi lebih sporty dan modis.

About the Author

You may also like these